>

Peranakan Dan Sumber Makanan

Guna Mempertahankan kelangsungan hidupnya, ikan membutuhkan semua komponen makanan dengan jumlah tertentu, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Ikan sangat efisien dalam mengkonsumsi protein dibandingkan dengan lemak atau karbohidrat, baik protein hewani maupun nabati. Meskipun umumnya lebih mahal, kualitas protein hewani relatif lebih baik dibandingkan dengan protein nabati, karena kandungan asam aminonya lebih lengkap. Berdasarkan sumbernya makanan dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu makanan alami dan makanan buatan. Makanan alami adalah makanan yang terbentuk secara alamiah, baik di alam maupun di lingkungan tertentu yang sengaja disiapkan oleh manusia. sedangkan makanan buatan adalah makanan yagn dibuat oleh manusia dengan bahan dan komposisi tertentu sesuai dengan kebutuhan. Menurut beberapa ahli perikanan, penggunaan makanan alami dianggap lebih menguntungkan, karena dapat menghasilkan pertumbuhan yang lebih baik di bandingkan dengan penggunaan makanan buatan. Hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan gizi dari makanan alami yang lebih baik dan tidak menimbulkan masalah penurunan kualitas air berupa proses pembusukan dari sisa makanan buatan di dasar kolam, sering mengakibatkan timbulnya gas-gas beracun, penurunan kandungan oksigen yang larut di dalam air dan meningkatnya serangan penyakit.

Berdasarkan fungsinya, makanan dapat dibagi menjadi 3 golongan besar, yaitu:
  1. Makanan Utama, yaitu makanan yang diberikan kepada ikan untuk digunakan sebagai sumber energi utama bagi kebutuhan hidupnya.
  2. Makanan Tambahan, yaitu makanan yang diberikan kepada ikan untuk digunakan sebagai sumber energi tambahan  karena energi yang berasal dari makanan utama dianggap kurang memadai.
  3. Makanan Suplemen, yaitu makanan yang diberikan kepada ikan dengan tujuan untuk melengkapi unsur-unsur tertentu yang mungkin tidak diperoleh dari makanan utama maupun makanan tambahan.
Peranan makanan sebagai sumber energi bagi ikan sangat dipengaruhi oleh jumlah dan kualitas makanan yang diberikan. Makanan dengan kualitas yang baik akan menghasilkan pertumbuhan yang relatif lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan ikan yang diberi makanan berkualitas rendah.

Related Product :

 
Support : Digital Areas | MegaCara
Copyright © 2011. Budidaya Ikan Mas Koki - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger