>

Makanan Buatan 2

Bahan yang masih kasar sebaiknya digiling dahulu dan disaring dengan ayakan. Setelah semua bahan dihaluskan dan diayak, barulah dilakukan penimbangan berat sesuai denga hasil perhitungan di Makanan Buatan 1. Penimbangan bahan sebelum proses penghalusan dan pengayakan sering menghasilkan komposisi yang berbeda dari perhitungan, sebab selalu ada bahan yang tersisa di dalam alat pengayak. Keuntungan makanan buatan yang terbuat dari bahan halus adalah tidak mudah tenggelam dan lebih tahan lama di dalam air. Untuk menghaluskan bahan makana yang masih kasar dapat digunakan blender atau penggiling daging. Bagi petani tradisional penghalusan bahan makanan dilakukan dengan manual, yaitu menggunakan alat penumbuk padi. 

Setelah masing-masing bahan makanan ditimbang sesuai dengan kebutuhan, campurkan semuanya kecuali dedak dalam sebuah wadah besar dan panaskan selama 15 menit. Tambahkan air mendidih sedikit demi sedikit sambil telur diaduk sampai seluruh adonan menjadi pasta. Angkatlah wajan tersebut dari atas kompor dan selajutnya campurkan dedak tadi sambil terus diaduk sampai rata.

Untuk memenuhi syarat kesehatan, ke dalam adonan tadi tambahkan mineral dan vitamin masing-masing sebaiknya 0.5 dan 1.5% dari berat total makanan. Penambahan vitamin dan mineral sebaiknya dilakukan setelah adonan dingin. Langkah selanjutnya adalah mencetak adonan tersebut menjadi pelet yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Kemudian pelet tersebut dipotong-potong sepanjang 3 cm dan dijemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Jika sudah kering, pelet diremas-remas dengan tangan hingga terbentuk potongan-potongan kecil dan siap ditebarkan ke kolam sebagai makanan ikan. Satu hal yang sangat penting dalam pembuatan pelet adalah masalah penyimpanan. Pelet yang telah dijemur harus disimpan dalam tempat yang kering agar kandungan proteinnya tidak berubah dan terhindar dari proses pembusukan.

Related Product :

 
Support : Digital Areas | MegaCara
Copyright © 2011. Budidaya Ikan Mas Koki - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger