>

Budidaya Daphnia

Daphnia merupakan salah satu anggota keluarga udang renik paling primitif yang termasuk ke dalam filum arthropoda, kelas crustacea, ordo phylopoda. Karena termasuk udang renik, daphnia  mempunyai ukuran lebih kecil, yaitu berkisar antara 1000 - 5000 mikron. Di alam, daphnia merupakan organisme hewan penghuni habitat air tawar, terutama di danau, waduk, rawa, kolam atau genangan air lainnya. Karena dapat hidup disemua habitat air tawar, daphnia sangat mudah dipelihara. Siklus daphnia sangat singkat. Rata-rata umur maksimum yang dapat dicapai oleh daphnia adalah 12 hari. Jika temperatur berkisar antara 22 – 31oC dan derajat keasaman (pH) air antara 6,6 - 7,4, daphnia akan tumbuh menjadi dewasa hanya 4 hari.

Untuk mendapatkan daphnia secara buatan, dapat dilakukan usaha budidaya sebagai berikut:
  1. Sediakan sebuah bak terbuat dari bahan semen, plastik, kayu, fibre glass  yang mempunyai ukuran satu meter kubik, untuk bak pemeliharaan daphnia. Letakkan bak tersebut di tempat yang agak terlindung dari pengaruh sinar matahari secara langsung.
  2. Setelah dibersihkan, isilah bak tersebut dengan air tawar hingga permukaan air mencapai ketinggian 60 cm.
  3. Sementara itu pada tempat lain campurkan 10 kg kotoran ayam yang telah dikeringkan ke dalam 90 liter air dan biarkan selama 5 - 10 hari sambil terus diberi aliran udara dengan menggunakan aerator.
  4.  Pada wadah yang lain lagi, tumbuklah bungkil kelapa sampai halus dan diayak.
  5. Campurkan 240 gram bungkil kelapa yang telah dihaluskan ke dalam 1.200 ml larutan kotoran ayam. Setelah diaduk sampai rata, adonan tersebut dimasukkan ke dalam kantong yang terbuat dari kain. Selanjutnya kantong tersebut diperas dan cairan yang diperoleh segera dimasukkan ke bak pemeliharaan.
  6. Setelah dibiarkan 18 -24 jam, bak pemeliharaan sudah dapat diisi bibit daphnia. Bibit daphnia ini dapat diperoleh dari alam  atau dengan cara memintanya ke Balai Budidaya Air Tawar setempat.
  7. Jika kondisi lingkungan cukup baik, daphnia akan terlihat pertumbuhannya setelah dipelihara selama 1 minggu.
  8. Pemanenan daphnia dapat dilakukan dengan menggunakan scoop net  yang mempunyai mata jaring cukup halus. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada malam hari atau pagi hari sebelum matahari terbit. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah penangkapan daphnia. Daphnia yang diperoleh dari hasil pemanenan bisa langsung diberikan kepada mas koki atua disimpan di dalam lemari pendingin sebagai cadangan makanan.

Related Product :

 
Support : Digital Areas | MegaCara
Copyright © 2011. Budidaya Ikan Mas Koki - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger